Bersiap Hadapi Era Post- Covid 19, Danareksa Keliling Berikan Edukasi Literasi Keuangan kepada Milenial






Jakarta, 15 Januari 2022 – Jumlah investor ritel dari kalangan milenial mengalami peningkatan signifikan. Laporan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Desember 2021 mencatat bahwa jumlah investor pasar modal di Indonesia meningkat dari tahun 2020 mencapai 60,02% untuk usia di bawah 30 tahun[1]. Menanggapi fenomena ini, PT Danareksa (Persero) menggelar kegiatan Talkshow Danareksa Keliling (Darling) bertajuk FUNDtastic: Ngobrolin Peluang Bisnis dan Investasi di Tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi literasi keuangan kepada milenial dan pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil untuk menghadapi Era Post-Covid 19. Menghadirkan pembicara dari Danareksa Research Institute (DRI) dan Danareksa Investment Management (DIM), kegiatan ini telah diselenggarakan dua kali, pada hari ini di Mall Gandaria City serta di NuArt Sculpture Park, Bandung pada 9 Januari 2022 lalu.

 

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero), Putu Dewika Angganingrum mengatakan, “Kegiatan ini merupakan Kegiatan CSV (Creating Share Value) yang menjadi bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Danareksa. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan investasi, Danareksa sangat peduli terhadap literasi keuangan generasi milenial saat ini. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen aktif Danareksa dalam mendukung pemerintah meningkatkan literasi keuangan milenial dan pelaku UMK sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kami berharap, kegiatan ini dapat membuka wawasan milenial dan pelaku UMK tentang cara mengelola keuangan pribadi maupun bisnis di Era Post-Covid 19.”

 

Selain memberikan edukasi literasi keuangan, turut dipaparkan pula hasil riset DRI terbaru trekait tren bisnis dan investasi di tahun 2022. Di dalam sesi tersebut, Rima Prama Artha, Chief Economist Danareksa Research Institute mengemukakan bahwa terdapat beberapa potensi bisnis ke depan, di antaranya penjualan bahan pokok/sembako, hobi (tanaman, buku, game, dan lain-lain), produk perawatan diri, peralatan kesehatan, peralatan pendukung Work atau School from Home, bisnis makanan jadi, industri kreatif, digital marketing, jasa desain portfolio media sosial, jasa tutorial bimbingan belajar, content creator, serta perantara ritel.

 

Adapun para peserta yang hadir pada acara Darling hari ini merupakan UMK dari berbagai bidang, seperti makanan dan minuman serta fashion. Dengan informasi yang dibagikan tersebut, harapannya para peserta akan lebih mampu melihat peluang bisnis, tepat dalam memilih instrumen investasi, dan dapat mencetak keuntungan di tengah kondisi ekonomi yang masih dalam tahap pemulihan di tahun 2022.

 

Menariknya lagi, kegiatan ini mengusung konsep “Roadshow Truck” untuk menghadirkan suasana santai bagi para anak muda yang hadir. Untuk menambah keseruan acara Darling, Danareksa turut menyiapkan penampilan band akustik dan berbagai doorprize menarik untuk peserta yang hadir.

 

“Konsep ‘Roadshow Truck’ ini merupakan upaya kami untuk membuat materi literasi keuangan menjadi lebih menyenangkan dan ramah terhadap anak muda. Disajikan dengan gaya kekinian, diharapkan peserta dapat lebih mudah menerima informasi dan kegiatan dapat memberi inspirasi kepada para milenial,” tambah Dewika.

 

Talkshow diisi oleh pembicara yang sudah berpengalaman di bidang riset keuangan dan investasi, di antaranya Muhammad Ikbal Iskandar selaku Senior Analyst Danareksa DRI, Mohammad Faishal selaku Manager Retail and Digital Distribution PT Danareksa Investment Management, Rima Prima Artha selaku Chief Economist DRI, dan Bagus Setyawan selaku Head Retail and Digital Distribution PT Danareksa Investment Management.

[1] https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_Desember_2021.pdf