Danareksa Adaptasi AKHLAK Sepenuhnya Sebagai Nilai Baru Organisasi






Jakarta, 25 Agustus 2020PT Danareksa (Persero) (“Danareksa”) memperkenalkan nilai-nilai organisasi terbarunya yang sepenuhnya diadopsi dari nilai AKHLAK yang  diperkenalkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada bulan Juli lalu. AKHLAK ditetapkan secara resmi sebagai suatu transformasi atas  nilai iFAST (integritas, kewajaran, akuntabilitas, keahlian, keterbukaan) yang sebelumnya dianut menjadi pedoman nilai di Danareksa. Transformasi nilai organisasi ini untuk menyelaraskan pedoman organisasi di Danareksa dengan pemegang saham, yakni Kementerian BUMN, dan sekaligus karena keyakinan Danareksa bahwa nilai AKHLAK sejalan dengan tujuan organisasi yang akan dicapai oleh Danareksa ke depannya.

AKHLAK sendiri memiliki singkatan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri untuk penerapan kode etik dan kode perilaku bagi seluruh pegawai Danareksa. Nilai baru AKHLAK akan menjadi pedoman yang tidak hanya menjadi sebuah sikap dalam upaya mencapai kesuksesan jangka panjang bagi bisnis Danareksa, tetapi juga menjadi sebuah budaya yang menyelaraskan sinergi seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada saat sosialisasi nilai baru AKHLAK kepada pegawai Danareksa, Arief Budiman, Direktur Utama PT Danareksa (Persero), mengatakan, “Nilai baru ini akan mencerminkan identitas Danareksa dalam berpikir dan berperilaku. Diharapkan, para pegawai dapat menerapkan serta menanamkan nilai tersebut dalam segala hal yang dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah dan Negeri.”

Adapun penjabaran nilai AKHLAK di Danareksa dapat dilihat pada lampiran di bawah ini.

“Komitmen serta fokus perusahaan kami tercermin dalam nilai baru yang kami tetapkan. Secara keseluruhan, penjabaran dalam setiap nilai tersebut tentunya tidak lepas dari keinginan kuat untuk memberikan yang terbaik dalam apa yang kami lakukan. Komitmen-komitmen tersebut pada akhirnya akan memungkinkan perusahaan kami untuk mencapai tujuan utama Danareksa, yaitu menjadi perusahaan jasa keuangan terbaik dan terpercaya yang terus berkontribusi membangun perekonomian Indonesia,” tutup Arief.