Danareksa Keliling Kembali Berikan Literasi Keuangan dan Investasi Bagi Generasi Milenial Yogyakarta dan Semarang






 Jakarta, 13 Juni 2022 PT Danareksa (Persero) kembali menggelar kegiatan Talkshow Danareksa Keliling (Darling) bertajuk Ngobrolin Peluang Bisnis dan Investasi di Tahun 2022 sebagai kelanjutan dari roadshow yang telah dilaksanakan pada awal tahun ini. Menghadirkan Chief Economist dari Danareksa Research Institute (DRI), Rima Prama Artha dan Associate Director PT Danareksa Investment Management, Bagus Setyawan sebagai pembicara, kegiatan ini dilaksanakan di Yogyakarta dan Semarang pada 9 Juni dan 10 Juni 2022. Kegiatan Darling di Semarang juga merupakan kerja sama Danareksa dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai upaya memberikan wawasan kepada masyarakat perihal berinvestasi dan menangkap peluang bisnis.

 

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero), Putu Dewika mengatakan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Danareksa dan strategi Created Share Value yang dilakukan bersama anak usaha kami guna meningkatkan literasi keuangan bagi milenial. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen aktif Danareksa dalam mendukung pemerintah meningkatkan literasi keuangan milenial sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diharapkan dengan memahami literasi mengenai pengelolaan keuangan, peserta dapat mengelola dana yang mereka miliki dengan lebih strategis dan memilih instrumen investasi yang terpercaya. Ke depan, kami berharap dapat melanjutkan program Danareksa Keliling di kota lainnya dengan skala yang lebih besar.”

 

Perlu diketahui, seiring meredanya kasus COVID-19, perekonomian Indonesia kini berangsur pulih. Hingga April 2022, tercatat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dalam negeri tumbuh 5,01% (year-on-year/YoY) dan kepemilikan asing di Surat Berharga Negara (SBN) mengalami penurunan hingga tersisa 16,56%. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperdalam pasar keuangan domestik dengan meningkatkan nilai investasi di dalam negeri. Maka dari itu, Darling hadir sebagai program yang turut mendukung literasi pengelolaan keuangan di tengah masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah tersebut.

 

Kegiatan yang menargetkan mahasiswa dan Aparatur Sipil Negara (ASN) milenial ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang kondisi perekonomian global dan dalam negeri serta tips bijak berinvestasi agar generasi milenial dapat lebih bijak dan strategis dalam berinvestasi.

 

Bekerja sama dengan IMAGAMA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada), kegiatan Darling di Yogyakarta telah berlangsung pada Kamis, 9 Juni 2022 dengan peserta yang hadir merupakan mahasiswa/i dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan kampus lainnya. Sementara kegiatan Darling di Semarang berlangsung pada Jumat, 10 Juni 2022 yang dihadiri oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) milenial dari berbagai level. Diharapkan para peserta tidak hanya dapat menambah pengetahuan tentang investasi, tapi juga menambah wawasan mengenai kondisi perekonomian global dan dalam negeri sebagai acuan dalam berinvestasi.

 

“Dengan konsep talkshow, diharapkan para milenial akan lebih mudah mencerna materi hasil riset, sehingga dapat membantu milenial merencanakan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Di tengah maraknya penipuan investasi digital di kalangan generasi muda, edukasi literasi keuangan menjadi sangat penting agar milenial hanya berinvestasi pada produk investasi yang terpercaya, salah satunya melalui produk reksadana dari PT Danareksa Investment Management,” kata Dewika.

 

 

Dalam kegiatan, Chief Economist dari Danareksa Research Institute, Rima Prama Artha memaparkan hasil riset DRI mengenai kondisi perekonomian global dan domestik saat ini. Dilanjutkan dengan pemaparan tips berinvestasi oleh Associate Director PT Danareksa Investment Management, Bagus Setyawan.

 

Pada saat pemaparannya, Rima menyampaikan, “Jumlah investor milenial terus bertambah dari tahun ke tahun. Melihat ekonomi (PDB) yang tumbuh relatif tinggi, current account yang masih positif, dan kepemilikan asing di SBN yang semakin menurun, iklim investasi di Indonesia semakin membaik pasca pandemi. Tetapi tetap harus berhati-hati dan tetap pilih instrumen investasi yang terpercaya.”

 

Kegiatan Darling di Yogyakarta berlangsung di Sinergi Co Working & Space, Yogyakarta sementara di Semarang, acara dilangsungkan di Aula Grandhika, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah. Sebelumnya, PT Danareksa telah menggelar kegiatan Darling di Jakarta dan Bandung dengan menyasar milenial dan pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMKM) dengan konsep ‘Roadshow Truck’.

 

-Selesai-