Danareksa Rayakan HUT Ke-45 Sebagai Momentum Transformasi Menjadi Danareksa Baru






Jakarta, 29 Desember 2021 PT Danareksa (Persero) (“Danareksa”) merayakan hari ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 28 Desember 2021 lalu. Dalam rangkaian perayaan ke-45 ini, Danareksa yang ditunjuk dan dipercaya untuk menjadi holding dari beberapa BUMN di bidang jasa keuangan, kawasan industri, sumber daya air, jasa konstruksi dan konsultasi konstruksi, manufaktur, media dan teknologi, serta transportasi dan logistik menegaskan komitmennya kepada penyandang disabilitas, khususnya dalam penyerapan Sumber Daya Manusia di lingkungan Hoding Danareksa. Pada kesempatan yang sama, Danareksa turut meresmikan Srikandi Danareksa sebagai wadah yang mendorong perempuan untuk terus berkarya dan meraih prestasi.

 

Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Arisudono Soerono mengatakan, “Pada usianya yang ke 45 ini, Danareksa diberi kepercayaan oleh para pemegang saham, Kementerian Keuangan, dan Kementerian BUMN untuk menjadi perusahaan induk guna membantu anggota holding, dan anak perusahaan, untuk mencapai potensi pertumbuhan yang dimiliki oleh kita bersama. Sejalan dengan hal tersebut, maka komitmen kami untuk disabilitas dan perempuan kami harapkan tidak hanya terjadi di Danareksa, tetapi juga diharapkan untuk dijalankan bersama dan bersinergi dengan anggota Holding Danareksa lainnya.”

 

Selanjutnya, penegasan komitmen untuk penyandang disabilitas dilakukan secara simbolis dengan melakukan penandatangan seragam HUT Danareksa yang dilakukan oleh Direktur SDM dan Hukum PT Danareksa (Persero), R. Muhammad Irwan dan Pembina DPP Gerkartin Banten, Yohana Runturambi. Adapun penegasan komitmen ini merupakan kelanjutan dari komitmen Kementerian BUMN dan dalam meningkatkan akses pemenuhan hak pekerja difabel di lingkungan BUMN.

 

Di sela-sela acara, Direktur SDM & Hukum PT Danareksa (Persero), R. Muhammad Irwan mengatakan, “Kami di Danareksa menyadari, bahwa potensi penyandang disabilitas juga tidak kalah dengan kebanyakan orang lain, bahkan banyak yang sampai menorehkan prestasi. Namun, memang persaingan kerja yang dihadapi lebih penuh tantangan.”

 

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam memberikan akses dan kesempatan yang sama bagi teman-teman penyandang disabilitas untuk berkarya, khususnya di ekosistem Holding Danareksa. Ke depannya, kami berharap dapat melengkapi beragam fasilitas dan dan akses yang dibutuhkan oleh mereka,” tambah Irwan.

 

 

 

Selain meneguhkan komitmen sebagai teman disabilitas, pada kesempatan yang sama Danareksa juga mendorong terwujudnya kesetaraan gender di Holding Danareksa dengan meresmikan peluncuran komunitas Srikandi Danareksa. Hal ini juga merupakan upaya Danareksa untuk mendukung perempuan dalam berkarya dan berprestasi di BUMN.

 

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero) yang juga merupakan Ketua Srikandi Danareksa, Putu Dewika Angganingrum, mengatakan bahwa perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam bekerja dan berkarir. Namun, memang pandangan terhadap perempuan tidak bisa terlepas dari urusan domestik yang berdampak pada perbedaan kesempatan karir. “Untuk itu, Srikandi Danareksa dapat menjadi wadah bagi perempuan untuk saling mendukung, mengembangkan kapabilitas, serta menjaga keseimbangnnya hingga akhirnya kita dapat dipercaya menjadi pemimpin di perusahaan.”

Pembentukan komunitas Srikandi Danareksa ini juga semakin mengukuhkan komitmen Danareksa untuk memfasilitasi kesempatan yang sama untuk bekerja dan berkarir di BUMN serta mendukung program Kementerian BUMN yang menargetkan peningkatan jumlah perempuan hingga 15% di tingkat direksi BUMN.

 

“Apresiasi saya terhadap peran perempuan yang harus menjalankan berbagai peran, yaitu sebagai istri, ibu, dan pekerja. Melalui komunitas Srikandi Danareksa ini, saya harap dapat mendorong semangat serta peran perempuan dalam berkarya, menjadikan SDM yang lebih unggul dan mandiri hingga berada di level pemimpin perusahaan,” tambah Irwan.