DRI’s Pulse Check – Peran Perempuan Menuju Kesetaraan






Danareksa Research Institute (DRI) kembali merilis riset bulanan DRI’s Pulse Check dengan judul “Peran Perempuan Menuju Kesetaraan”. Di tengah angka pengangguran yang meningkat selama Pandemi Covid-19, tingkat partisipasi kerja perempuan meningkat di semua golongan usia. Hal ini mengindikasikan peningkatan peran perempuan dalam aktivitas ekonomi utamanya untuk menopang ekonomi rumah tangga.

Di sisi lain, akses perempuan dalam pekerjaan, Kesehatan, dan Pendidikan terus meningkat meskipun masih lebih rendah dari laki – laki. Peningkatan peran perempuan dalam dunia kerja juga tercermin dari persentase perempuan yang menduduki posisi manajerial serta porsi perempuan di parlemen yang meningkat.

Berdasarkan survey DRI, pengakuan responden akan nilai kesetaraan masih relatif rendah terutama karena masih banyaknya yang setuju bahwa perempuan sebaiknya hanya bekerja jika ada tuntutan ekonomi dan tugas utamanya adalah mengasuh anak. Penting untuk terus meningkatkan pengakuan nilai kesetaraan perempuan didalam rumah tangga karena nilai yang tercermin dalam Indeks kesetaraan memiliki korelasi yang signifikan dan positif terhadap keputusan perempuan untuk bekerja.

Silakan mengunduh riset lengkapnya dengan meng-klik tautan berikut:

DRI’s Pulse Check – Peran Perempuan Menuju Kesetaraan