Danareksa Ambil Alih 67% Saham PT Jalin Pembayaran Nusantara






Jakarta – PT Danareksa (Persero) (Danareksa) secara resmi telah mengambilalih 67% saham PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) selaku entitas anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Penandatanganan akuisisi dilakukan oleh Direktur Utama Danareksa Arief Budiman dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah di Jakarta (19/06).

Pengambilalihan kepemilikan saham ini sesuai dengan rencana di awal pendirian Jalin dimana kepemilikan mayoritasnya akan dialihkan kepada holding BUMN keuangan atau BUMN Keuangan yang ditunjuk setelah sebelumnya sejak didirikan tahun 2016, kepemilikan Jalin dipegang penuh oleh Telkom.

Layanan utama Jalin adalah ATM/EDC switching, dimana untuk penyediaan layanan ini Jalin memegang izin sebagai prinsipal dan lembaga switching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Diharapkan Jalin dapat memberikan layanan transaksi keuangan yang efisien kepada masyarakat, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Arief Budiman, Direktur Utama Danareksa mengatakan, “Aktivitas switching yang dilakukan Jalin adalah usaha yang mendukung sektor perbankan khususnya, dan industri keuangan pada umumnya. Ini sejalan dengan rencana Holding Perbankan dan Jasa Keuangan, Jalin berkontribusi dalam peningkatan kualitas infrastruktur jasa keuangan. Melalui upaya-upaya efisiensi yang telah dan akan terus dilakukan oleh Jalin, diharapkan dapat mengurangi biaya switching Bank, pengelolaan ATM, dan pada akhirnya dapat menurunkan biaya transaksi yang ditanggung masyarakat.”

Sementara itu Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, “Kerjasama ini merupakan wujud sinergi Telkom dengan BUMN Keuangan yang sudah direncanakan sejak awal Jalin didirikan. Telkom mendukung penuh aksi korporasi ini dan diharapkan nantinya pelaksanaan digital banking atau sistem pembayaran nasional menjadi lebih luas dan mudah serta dapat mempercepat pembangunan ekonomi digital Indonesia.”

Selanjutnya Arief Budiman menambahkan, “Dengan mengkonsolidasikan Jalin, Danareksa memiliki satu lagi anak usaha di industri keuangan yang memiliki peran strategis. Hal ini bermanfaat bagi Danareksa untuk terus meningkatkan kinerja dan profitabilitas.”

Sekilas tentang PT Danareksa (Persero)

PT Danareksa (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 1976 ini melakukan kegiatan utama di bidang Pasar Modal dan pasar uang meliputi antara lain sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan Reksa Dana. Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan.

Sekilas tentang PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”. Sebagai digital telco, Telkom terus melakukan penguatan kapabilitas digital dalam hal layanan, infrastruktur dan pengalaman digital pelanggan. Dalam hal layanan, secara berkelanjutan Telkom memperkuat dan mengembangkan layanan-layanan digital sesuai kebutuhan pelanggan sekaligus meningkatkan daya saing bisnis.

Sekilas Tentang PT Jalin Pembayaran Nusantara PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) merupakan perusahaan switching keuangan nasional yang didirikan 3 November 2016 atas inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN) dan Telkom. Meski pada awalnya didirikan oleh Telkom, sejak semula Jalin telah direncanakan untuk terkonsolidasi ke kelompok BUMN Keuangan, dimana Telkom tidak lagi menjadi pemegang saham mayoritasnya.