Danareksa DRI’s Pulse Check – Refleksi Konsumsi Rumah Tangga






Danareksa Research Institute (DRI) kembali merilis riset terbarunya melalui DRI’s Pulse Check edisi Desember 2021 yang berjudul “Refleksi Konsumsi Rumah Tangga Dua Tahun Selama Pandemi dan Proyeksinya Tahun 2022”.

Pandemi Covid-19 serta aturan pembatasan kegiatan berdampak pada sektor Ketenagakerjaan dengan tingkat penganguran dan pekerja informal yang meningkat. Hal ini memicu penurunan pendapatan dan konsumsi rumah tangga sehingga masyarakat mengubah pola konsumsinya.

Stimulus Pemerintah maupun Lembaga terkait belum mampu meningkatkan konsumsi secara signifikan. Ke depan, stimulus pada sektor konsumsi perlu diarahkan untuk lebih meningkatkan konsumsi masyarakat secara signifikan. Selain itu, stimulus pada sektor produktif juga harus mendorong ekonomi hijau sehingga dapat menciptakan pembangunan yang berkelanjutan

Dalam riset ini, DRI juga mengemukakan proyeksi pertumbuhan ekonomi di tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan berlanjut yang didukung oleh perbaikan konsumsi masyarakat terutama konsumsi makanan, pakaian, dan transportasi. Di sisi lain, kinerja ekspor diperkirakan melambat sejalan dengan penurunan harga komoditas. Pertumbuhan ekonomi tahun 2022 akan bergantung pada pengendalian kasus harian Covid-19, distribusi vaksin yang lebh merata, serta stimulus yang lebih efektif.

Untuk mendapatkan riset lengkapnya, silakan klik link di bawah ini:

DRI Pulse Check – Refleksi Konsumsi RT