Danareksa DRI’s Pulse Check – Sektor Ketenagakerjaan Di Tengah Pemulihan Ekonomi






Danareksa Research Institute (DRI) kembali merilis riset terbarunya melalui DRI’s Pulse Check edisi Februari 2022 yang berjudul “Sektor Ketenagakerjaan Di Tengah Pemulihan Ekonomi”.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak tahun 2020 memberikan dampak besar bagi sektor ketenagakerjaan. Saat ini, sektor ketenagakerjaan mulai pulih didukung oleh perekonomian Indonesia yang tumbuh sejak awal tahun 2021. Namun, sektor ketenagakerjan belum mampu kembali ke level sebelum pandemi sejalan dengan pemulihan sektor riil yang lambat.
Berdasarkan survey yang dilakukan oleh DRI, selama pandemi, masyarakat yang terkena pemutusan hubungan pekerjaan sebagian besar adalah laki-laki, sedangkan masyarakat yang menutup usaha sebagian besar adalah perempuan. Dibutuhkan waktu lebih dari 6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan baru atau membuka usaha kembali.
Berbagai stimulus pemerintah disiapkan sejak awal pandemi untuk mendorong pemulihan dan peningkatan kapasitas sektor ketenagakerjaan. Namun, stimulus tersebut masih terbatas bagi golongan tertentu. Stimulus ke depan dapat diarahkan pada pembukaan lapangan kerja yang lebih inklusif.

Namun, harmonisasi kebijakan antar pemangku kepentingan tetap diperlukan untuk menciptakan pemulihan sektor ketenagakerjaan yang berkelanjutan.

Untuk mendapatkan riset lengkapnya, silakan mengunduh dokumen terlampir atau klik link berikut:

Danareksa DRI’s Pulse Check – Sektor Ketenagakerjaan Di Tengah Pemulihan Ekonomi