DRI’s Pulse Check – Sentimen Kenaikan Harga dan Konsumsi Masyarakat Selama Ramadhan dan Idul Fitri






Danareksa Research Institute (DRI) kembali merilis riset bulanan DRI’s Pulse Check dengan judul “Sentimen Kenaikan Harga dan Konsumsi Masyarakat Selama Ramadhan dan Idul Fitri”. Di tengah pemulihan ekonomi, konsumsi masyarakat tumbuh terbatas karena kondisi pendapatan rumah tangga yang belum sepenuhnya pulih. Sementara itu, konsumsi masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri 2022 juga masih relatif sama dibandingkan tahun sebelumnya.

DRI juga mengemukakan bahwa pada bulan April 2022, inflasi tercatat cukup tinggi yang didorong oleh peningkatan konsumsi selama Ramadhan, kenaikan harga pertamax, dan kenaikan PPN. Mayoritas masyarakat memperkirakan bahwa inflasi akan terus meningkat dalam 6 bulan ke depan. Inflasi dianggap menjadi isu penting oleh masyarakat karena akan berimbas kepada kenaikan harga kebutuhan pokok yang berpotensi memperburuk kondisi perekonomian di daerah.

Simak pula beberapa indikator makroekonomi domestik ke depan dan isu global, seperti kenaikan suku bunga yang saat ini sudah mempengaruhi kinerja pasar keuangan, lockdown kota-kota besar di Tiongkok dan pelemahan nilai tukar Yen.

 

Untuk riset lengkapnya, silakan mengunduhnya dengan klik tautan berikut:

DRI Pulse Check – Sentimen Kenaikan Harga dan Konsumsi Masyarakat