DRI’s Pulse Check – Hari Raya Idul Fitri, Momentum Pemulihan Ekonomi






Danareksa Research Institute (DRI) kembali merilis riset terbarunya melalui DRI’s Pulse Check edisi Juni yang berjudul “Hari Raya Idul Fitri, Momentum Pemulihan Ekonomi”.

Secara umum, konsumsi masyarakat meningkat terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri, meskipun proporsi masyarakat yang menerima THR dan memiliki simpanan khusus hari raya relatif rendah di 2021, yaitu sebesar 16,70% (survey DRI).  Peningkatan konsumsi memberikan pengaruh kepada perbaikan kinerja sektor ritel.

Kinerja perusahaan ritel menunjukkan tanda-tanda yang didorong oleh naiknya penjualan pakaian serta makanan dan minuman. Selain itu, perbaikan sector ritel juga mendorong perbaikan produksi manufaktur di semua sektor.

Dalam riset ini, DRI turut mengemukakan bahwa optimisme konsumen sedikit meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri di tengah kekhawatiran masyarakat terhadap kondisi perekonomian nasional dan juga ketersediaan lapangan kerja. Disamping itu, rencana pembelian konsumen melanjutkan peningkatan di kuartal 2-2021, meskipun belum pulih ke level sebelum pandemi.

Simak pula wawancara DRI dengan Roy N. Mandey, Ketua Umum APRINDO yang membahas mengenai “Ketahanan Sektor Ritel selama Pandemi”.

Untuk mendapatkan riset lengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini:

DRI Pulse Check – Hari Raya Idul Fitri, Momentum Pemulihan Ekonomi