DRI’s Pulse Check – September 2020: Meredam Dampak COVID-19






PT Danareksa (Persero) melalui Danareksa Research Institute (DRI) mengeluarkan riset terbarunya yang berfokus pada strategi pemerintah dalam meredam dampak COVID-19 dengan judul DRI’s Pulse Check edisi September: “Meredam Dampak COVID-19”.

 

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan pertumbuhan ekonomi global mengalami kontraksi selama Semester 1-2020. Sementara pengembangan vaksin COVID-19 masih terus berlangsung, peran pemerintah untuk meredam dampak negatif pandemi dan untuk memulihkan perekonomian menjadi sangat penting. Dalam riset ini, rekan media dapat melihat seberapa besar Program Perlindungan Sosial berdampak pada beban masyarakat.

 

Dalam riset ini, DRI memberikan informasi terkait kondisi ekonomi terkini yang menimbulkan reaksi negatif  setelah pengumuman akan kembali diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). DRI juga menyajikan data terkait indikator-indikator ekonomi lainnya, seperti misalnya sektor apa saja yang memicu kontraksi PDB.

 

Selain itu, Anda dapat turut melihat data CDS (Credit Default Swap) (per 5 September), di mana CDS Indonesia tertinggi di kelas rating BBB, sehingga ada peluang CDS Indonesia menurun mendekati rata-rata CDS di kelas rating BBB.

 

Meskipun kini ekonomi tengah bergejolak, kepercayaan masyarakat terhadap perekonomian (IKK) dan pemerintah mulai menunjukkan peningkatan. Di bulan Agustus 2020, IKK naik ke level 74 didorong oleh optimisme konsumen terhadap perbaikan ekonomi dan ekspektasi ketersediaan lapangan pekerjaan. Sementara itu, indeks kepercayaan terhadap pemerintah kembali meningkat dan terjaga di atas level 100, sejalan dengan kebijakan yang diambil pemerintah untuk menangani pandemi COVID-19 serta stabilisasi harga.

 

Sementara di sektor telekomunikasi, diyakini tetap menarik, dengan para operator diminta untuk membantu program subsidi Pemerintah, yang dapat menjadi peluang untuk mengakses pasar pelajar.

 

Simak juga wawancara DRI dengan Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir, yang mengungkapkan strategi dan kesiapan hadirkan vaksin COVID-19 di Indonesia di tahun 2021.

 

Download:

Danareksa DRI’s Pulse Check – Meredam Dampak COVID-19 – September 2020