DRI’s Pulse Check – Perempuan dan Perekonomian






Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang, Danareksa Research Institute (DRI) melalui DRI’s Pulse Check merilis edisi spesial dengan judul “Perempuan dan Perekonomian”.

Pada edisi kali ini, DRI membahas peran perempuan yang semakin memegang peranan penting dalam perekonomian serta pemulihan ekonomi dengan tingkat partisipasi kerja yang terus meningkat. Bahkan, ketimpangan gender di Indonesia pun semakin kecil, yang dapat dilihat pada nilai IPG (91,07) dan IDG (75,24) di tahun 2019 yang terus meningkat. Adapun indikator tersebut digunakan untuk mengukur peran aktif perempuan dalam ekonomi dan politik.

Selain itu, perempuan juga memiliki peran yang besar dalam UMKM Indonesia dimana berdasarkan data dari BPS, 64,5% UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Akses perempuan ke sektor jasa keuangan termasuk fintech pun terus meningkat seperti yang terlihat dari investor perempuan di pasar ORIO17 dan ORIO18 yang mencapai masing-masing 55,87% dan 57,82%.

Dalam laporan ini, DRI juga memberikan update terkait kondisi ekonomi makro, sektor keuangan, sektor riil (perkebunan), dan sentimen konsumen yang sedikit membaik ke level 74,90 (Maret 2021) di tengah perpanjangan PPKM.

Simak pula wawancara DRI dengan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti mengenai peran perempuan dalam pemulihan ekonomi.

Untuk laporan lengkapnya, silakan mengunduh dokumen berikut:

DRI’s Pulse Check – Perempuan dan Perekonomian