DRI’s Pulse Check – Upaya Mendorong Investasi Indonesia






Danareksa Research Institute (DRI) telah merilis riset DRI’s Pulse Check terbaru mengenai perekonomian Indonesia, khususnya pendanaan investasi dengan judul “Upaya Mendorong Investasi Indonesia”.

Dalam riset ini, DRI turut mengemukakan kondisi makro ekonomi Indonesia yang menunjukkan tanda-tanda perbaikan sejak Juli meskipun terbatas. Dalam 3 bulan terakhir, bantuan sosial yang didistribusikan oleh pemerintah menjadi faktor pendorong membaiknya perekonomian daerah.

Sementara itu, pertumbuhan investasi melambat dikarenakan perlambatan investasi di sektor bangunan dan infrastruktur. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong investasi adalah dengan mendirikan Sovereign Wealth Fund (SWF) di awal 2021 yang akan mengelola dana investasi termasuk infrastruktur.

Pada sektor keuangan, pertumbuhan kredit melanjutkan kontraksi. Sementara itu, pasar saham Indonesia menguat sebesar 6,5% pada bulan Desember karena sentimen positif pasar global.

Menurut analis PT BRI Danareksa Sekuritas, Maria Renata, di tahun 2021 sektor konstruksi diperkirakan akan overweight dikarenakan beberapa faktor seperti budget pemerintah untuk infrastruktur, pemulihan ekonomi, dan Indonesia Investment Authority (INA).

DRI juga merilsi sentimen konsumen yang mulai kembali meningkat di akhir kuartal 4-2020, yang menandakan sinyal positif perekonomian Indonesai serta masyarakat yang semakin optimis.

Simak pula dalam edisi ini wawancara DRI dengan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo terkait pembentukan SWF Indonesia.

Untuk melihat riset lengkapnya, silakan mengunduh dokumen berikut:

DRI’s Pulse Check – Upaya Mendorong Investasi di Indonesia – Jan 2021