DRI’s Pulse Check – Upaya Peningkatan Ekonomi di Bulan Ramadhan






Danareksa Research Institute (DRI) telah merilis riset terkait kegiatan perekonomian di bulan Ramadhan dengan judul “Upaya Peningkatan Ekonomi di Bulan Ramadhan”.

Konsumsi rumah tangga yang biasanya meningkat tajam di bulan Ramadhan tercatat relatif rendah di tahun lalu dan tahun ini. Realisasi PEN, termasuk program bantuan sosial, yang didistribusikan menjelang dan selama Ramadhan diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi, terutama konsumsi masyarkat.

Realisasi Program PEN sendiri tercatat telah terserap sebesar 22,3% terutama untuk program perlindungan sosial dan dukungan bagi UMKM. Di sisi lain, mobilitas masyarakat juga semakin meningkat di bulan Ramadhan, terutama pada tempat belanja danr rekreasi/wisata.

Selain itu, DRI juga memberikan perkembangan terkait COVID-19 dan mengungkapkan bahwa per April 2021 willingness vaksinasi masyarakat semakin meningkat (48,31%) meskipun persentase yang tidak bersedia divaksin juga masin tinggi (51,69%).

Terkait kondisi ekonomi makro, pemulihan perekonomian Indonesia masih berjalan lambat. Meskipun demikian, tingkat konsumsi rumah tangga dan investasi semakin membaik dan Indonesia berada pada zona Investment Grade, sebagian besar dengan outlook stabil.

Dalam riset ini, DRI juga membahas lebih lanjut sektor keuangan dan sektor riil yang mengungkapkan bahwa penjualan kendaraan bermotor melanjutkan peningkatan karena kebijakan PPnBM. Menurut laporan DRI, penjualan mobil domestic diperkirakan melambat selama Ramadhan, tetapi akan kembali naik di bulan Juni 2021. Sementara itu, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) meningkat ke level 80,09 dan Indeks kepercayaan terhadap pemerintah tetap terjaga di atas level 100.

Untuk mendapatkan riset lengkapnya, silakan mengunduh dokumen berikut:

DRI’s Pulse Check – Upaya Peningkatan Ekonomi di Bulan Ramadhan