DRI’s Pulse Check – Vaksinasi Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Ekonomi






Danareksa Research Institute (DRI) kembali merilis rangkuman indikator ekonomi yang bertajuk “Vaksinasi sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Ekonomi”.

DRI mengungkapkan bahwa aktivitas ekonomi, baik ritel mapun manufaktur serta korporasi mengalami tekanan luar biasa sepanjang tahun 2020 yang disebabkan oleh pembatasan aktivitas, sehingga mengakibatnya rendahnya permintaan. Untuk itu, program vaksinasi diyakini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan mobilitas masyarakat dan meningkatkan permintaan agar aktivitas ekonomi kembali normal.

Dalam riset yang dilakukan DRI, diketahui bahwa tingkat willingness masyarakat Indonesia untuk melakukan vaksinasi masih rendah, yaitu hanya 39,85%. Sebagian masyarakat juga masih berpergian ke tempat keramaian dalam kurun waktu 7 hari setelah divaksin dosis pertama. Pemerintah perlu melakukan strategi komunikasi yang efektif dan masif untuk mengedukasi efektivitas vaksin dan meningkatkan willingess masyarakat.

Sementara itu, pada kondisi ekonomi makro, pemulihan ekonomi Indonesia berjalan lambat sebagaimana tercermin dari PDB kuartal 4-2020 yang kembali terkontraksi. Namun, pengeluaran Pemerintah yang tumbuh positif mampu menjadi penopang pertumbuhan ekonomi. DRI juga menjabarkan prediksi beberapa lembaga yang memperkirakan perekonomian Indonesia untuk menunjukkan perbaikan di tahun 2021 yang didorong oleh efektivitas stimulus fiscal, distribusi vaksin dan penanganan kasus Covid-19.

Sedangkan pada sektor keuangan, fungsi intermediasi terkontraksi, tetapi dengan kinerja yang terjaga. Perlu diwaspadai potensi peningkatan risiko kredit. Selanjutnya, peran domestik termasuk masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi terus meningkat, salah satunya melalui kepemilikan SBN dan/atau SBSN yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Simak pula laporan dari BRI Danareksa Sekuritas untuk sektor farmasi yang diperkirakan akan neutral di tahun 2021.

Untuk membaca laporan lengkapnya, silakan melihat dokumen berikut:

DRI Pulse Check – Vaksinasi Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Ekonomi